5 Tips Memilih dan Membeli Sepatu Gunung

membeli sepatu gunung

Memilih dan Membeli Sepatu Gunung

5 Tips Memilih dan Membeli Sepatu Gunung – Memanjat gunung akhir-akhir ini rame diperbincangkan banyak orang. Salah satu hal penting dalam memanjat gunung adalah sepatu gunung. Sepatu gunung merupakan sepatu yang di desain secara khusus dengan alas yang tebal berfungsi untuk mempermudah seseorang dalam mendaki gunung.

Memilih dan membeli sepatu gunung tidak boleh asal-asalan. Sepatu gunung yang akan kamu gunakan untuk menemani sepanjang pendakian menyusuri hutan pegunungan harus memiliki kekuatan jahitan dan bahan yang harus kamu perhatikan. Berikut ini adalah Tips Memilih dan Membeli Sepatu Gunung yang harus kamu perhatikan.

  1. Pahami Jenis-Jenis Sepatu Gunung

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih dan membeli sepatu gunung, kamu harus mengetahui jenis-jenis sepatu gunung. Sepatu gunung pada umumnya memiliki jenis-jenis tersendiri. Dimana jenis tersebut disesuaikan dengan keadaan lokasi gunung yang akan kamu daki. Jenis-jenis sepatu gunung antara lain:

  • Sepatu Hiking

Sepatu jenis ini memiliki model low-cut dengan sol fleksibel, jenis sepatu ini cocok untuk pendakian harian. Bentuknya mirip dengan sepatu lari atau olahraga. Banyak backpacker ultralight menggunakan sepatu jenis ini untuk perjalanan panjang, tetapi jenis sepatu ini mendukung juga untuk kegiatan harian kamu. Sepatu ini cocok jika Anda bepergian ke tempat yang memiliki jalan yang jelas dan jalur panjat pendek, dan Anda tidak membawa beban berat. Akan merasa nyaman jika digunakan untuk mendaki maupun kegiatan harian.

  • Sepatu Boot Hiking

Berbeda dengan jenis yang pertama, sepatu ini merupakan jenis Boot. Boot memberikan dukungan dan perlindungan yang lebih luas daripada sepatu hiking. Termasuk dalam kelompok sepatu ini adalah sepatu dengan potongan menengah hingga tinggi dengan konstruksi yang lebih kaku. Sebagai konsekuensinya, boot lebih berat dari sepatu hiking biasa karena ada tambahan keatas melindungi pergelangan kaki. Boot hiking akan Anda butuhkan jika Anda akan berpetualang ke jalur pendakian dengan track panjat dan kasar dengan membawa beban yang relatif berat. Sepatu boot ini dijamin sangan safety untuk digunakan.

  • Sepatu Boot Backpacking

Sepatu jenis ini sama dengan yang kedua. Berjenis boot yang dirancang untuk perjalanan panjang yang membawa beban berat ke tempat-tempat yang jauh dari kerumunan. Sebagian besar jenis boot memiliki potongan tinggi jauh di atas pergelangan kaki untuk memberikan dukungan yang sangat baik. Jenis boot ini memiliki umur yang relatif panjang dan daya dukung yang tinggi dan dapat digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang baik. Untuk digunakan mendaki oke juga. Lebih aman karena memiliki leher yang lebih panjang dan lebih kuat. 

  • Sepatu Boot Mountaineering

Buat kamu yang ingin mendaki gunung es, kamu wajib menggunakan sepatu boot Mountaineering ini. Desainnya dirancang untuk menangani kondisi medan ekstrim dan lingkungan pegunungan es yang tinggi. sepatu ini memiliki crampon untuk memanjat gunung es. Sangat recommended digunakan untuk jalur pendakian gunung es.

Jenis-jenis sepatu gunung tersebut disesuaikan dengan jalur pendakian yang akan kamu lalui. 

  1. Cari Info Kondisi Jalur Yang Akan Dilewati

Kondisi jalur pegunungan bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan kamu dalam memilih dan membeli sepatu gunung. Beli sepatu dengan jenis dan bahan yang disesuaikan dengan jalur pendakian yang hendak kamu daki. Karena dengan hal tersebut akan menambah kenyamanan kaki dan keamanan kaki kamu saat mendaki gunung. 

  1. Belilah Sepatu Gunung dengan Ukuran Sedikit Lebih Besar

Tips berikutnya saat kamu akan membeli sepatu gunung adalah beli sepatu gunung dengan ukuran yang lebih besar dari sepatu sehari-hari. Bila biasanya kamu memiliki ukuran sepatu 38 maka untuk ukuran sepatu gunung pilih dengan ukuran 40. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah lecet dan cedera pada kuku kaki yang terjebak di ujung sepatu. Selain itu juga membuatnya lebih mudah untuk menggunakan kaus kaki tebal yang akan menghangatkan kaki kita. Dengan seperti itu, sepatu yang dibeli akan memberikan manfaat yang pas untuk melindungi kaki.

  1. Pastikan Sepatu Gunung Anti Air

Hujan saat melakukan pendakian pasti akan terjadi. Jadi untuk mengantisipasi kaki kita kedinginan karena sepatu gunung yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap air. Maka kamu harus memilih dan membeli sepatu gunung yang didesain menggunakan bahan yang anti air. Selain hujan, terkadang dalam perjalanan mendaki gunung, kita juga akan melewati sungai tanpa jembatan penghubung. Mau tidak mau kita harus melangkah melewati sungai tersebut. Sepatu gunung dengan bahan anti air sangat diperlukan.

  1. Cara Merawat dan Memelihara Sepatu Gunung

Setelah kita mengetahui tips memilih sepatu gunung, berikutnya adalah cara merawat dan memelihara sepatu gunung agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Dalam merawat sepatu gunung, kamu harus cek secara rutin kebersihannya. Untuk pembersihan kamu perlu menggunakan sabun yang memiliki pH netral. Namun untuk sepatu yang sangat kotor dan berjamur maka gunakan campuran air 80% yang dicampur dengan cuka sebanyak 20%. Dengan perawatan seperti itu, dijamin sepatu gunung kalian akan awet dan tidak cepat rusak. 

Sekian Tips Memilih dan Membeli Sepatu Gunung dari kami. Semoga bermanfaat untuk teman-teman pendakian semuanya. Salam lestari dari kami.