5 Situs Bersejarah di Indonesia yang Diakui Dunia

situs bersejarah di indonesia

Situs Bersejarah di Indonesia yang Diakui Dunia

Situs Bersejarah di IndonesiaIndonesia memiliki beragam jenis tempat wisata. Mulai dari pantai hingga pegunungan dimiliki Indonesia. Hebatnya lagi, Indonesia memiliki situs wisata bersejarah hingga diakui di dunia. Situs bersejarah sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga atau mungkin dengan teman. 

Berkunjung ke tempat bersejarah, selain dijadikan ajang untuk berekreasi, kita dapat juga menambah ilmu pengetahuan melalui sejarah pendirian tempat tersebut. Pemahanan lebih tentang sejarah membuat kita lebih menghargai perjuangan bangsa ini. Di Indonesia tempat-tempat bersejarah banyak tersebar di berbagai daerah. 

Dari daerah terpencil hingga daerah yang dijadikan sebagai pusat kota semuanya terdapat tempat bersejarah yang patut kita ketahui. Namun dari berbagai macam situs bersejarah tersebut, setidaknya terdapat 5 Situs Bersejarah di Indonesia yang Diakui Dunia. Dimana sajakah situs bersejarah di indonesia tersebut? 

  1. Taman Sari Yogyakarta

Situs Bersejarah di Indonesia yang Diakui Dunia yang pertama adalah Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta adalah warisan budaya warisan Istana Yogyakarta yang masih bisa kita lihat dan nikmati keindahannya. Taman Sari dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I, pada tahun 1758. Hingga saat ini istana Taman Sari pernah mengalami beberapa renovasi sehingga dipandang menarik tanpa menghilangkan nilai historisnya. Taman Sari terletak sekitar 300 meter ke barat Keraton Yogyakarta.

Keindahan Taman Sari Yogyakarta salah satunya adalah memiliki kolam air dikelilingi oleh benteng setinggi 6 meter. Pada zaman kuno Taman Sari digunakan untuk memandikan istri-istri Sultan HB X. Di tempat ini Anda akan menemukan tempat semacam menara yang digunakan untuk melihat dan mengamati istrinya yang sedang mandi.

Taman Sari Yogyakarta dibangun oleh Sultan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti pada tahun 1755 yang sebelumnya menjadi pasifik antara keluarga di istana itu sendiri yang berakhir dengan pecahnya Mataram menjadi 2 bagian. Sultanate Yogyakarta dan Surakarta Kasunanan. Pembentukan Taman Sari dimaksudkan untuk meyakinkan, istirahat dan rekreasi Sultan dan keluarganya. Selain itu, Taman Sari juga disiapkan sebagai sarana bagi benteng di hadapan musuh Kerajaan. Arsitek bangunan itu berasal dari Portugis sehingga pola bangunan Taman Sari berada dalam gaya seni arsitektur Eropa, tetapi simbol Jawa yang dilanjutkan ke sini tampil lebih dominan.

  1. Istana Maimun Sumatera Utara

Situs bersejarah di indonesia selanjutnya yaitu Istana Maimun. Istana Maimun adalah salah satu tujuan wisata yang berlokasi di Desa Alur Village, Distrik Medan Maimun, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Seperti namanya, tujuan wisata ini memang berbentuk seperti istana, Istana Kerajaan Melayu yang pernah menang di Kota Medan. 

Istana Maimun dibangun pada tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Arsitek Italia membuat ide desain pembangunan Istana Maimun. Ini memiliki luas 2.772 meter, Istana Maimun dapat dikatakan sebagai istana terluas di Sumatera Utara. Setidaknya ada 30 kamar di Maimun Palace. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian bangunan, yaitu gedung induk, gedung sayap kiri, dan bangunan sayap kanan.

Istana Maimun sengaja dibangun menghadap ke utara. Ini karena Istana Maimun dibangun dekat dengan Masjid Al-Mashun atau lebih dikenal dengan Masjid Medan. Karena usia tuanya, Istana Maimun masih menjadi pilihan banyak orang untuk bepergian. Desain bangunan Istana Maimun juga sangat dekat dengan budaya Melayu. Dikombinasikan dengan tekstur bergaya Islam, Spanyol, Italia, dan India membuat gedung Istana Maimun sangat mewah.

  1. Tirta Gangga Bali

Tirta Ganga datang dari kata “Tirta” yang merupakan air suci yang bermakna dan kata “Gangga” yang merupakan nama sungai suci di India. Hal ini dimaksudkan bahwa taman wisata ini memiliki air suci yang berasal dari Gangga, dan sebagai bentuk penghormatan terhadap Hindu. Dibangun di atas area 1,2 hektar yang meluas dari timur ke barat di daerah sawah. Ada tiga bangunan yang didominasi oleh karakter mereka, yaitu patung, bangunan kolam renang dan area perkebunan. 

Semua bangunan memiliki arti implisit di dalamnya. Terletak di kaki Gunung Agung, kondisi alami sangat keren. Ini adalah urusan dan kesejukan lokasi yang membuat wisatawan nyaman dan merasa di rumah untuk mengunjungi situs bersejarah di indonesia ini. Suasana tenang dan damai dari taman ini sangat cocok sebagai pelepas kelelahan dari berbagai kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.

  1. Istana Baiturrahman Aceh

Situs bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Istana Baiturrahman Aceh adalah ikon Kota Banda Aceh. Bangunan ini memiliki sejarah panjang hingga 4 abad yang lalu, infrastrukturnya adalah arsitektur yang stylish yang berkembang di Kekaisaran Mughal, India, pada abad ke-16. Sekarang, istana, yang juga merupakan ibukota provinsi Aceh memiliki fasilitas lengkap yang mendukung kenyamanan ibadah.

Istana Baiturrahman Aceh terletak di Jl. Mohd Jam, Kampung Baru, Distrik Baiturrahman. Istana ini berjarak sekitar tiga menit dengan berkendara atau sembilan menit berjalan kaki dari Kantor Walikota Banda Aceh. Yang menarik dari bangunan ini adalah insfrastruktur istana didesain dengan sangat indah, terletak diarea yang strategis dan mudah untuk dikunjungi, serta banyak tempat penginapan di sekitar istana Baiturrahman.

  1. Candi Borobudur Magelang

Pada tahun 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Dengan ditetapkannya Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia membuktikan bahwa Indonesia memiliki situs bersejarah yang sangat penting. Candi Borobudur merupakan candi yang terbesar di dunia. 

Itulah 5 Situs Bersejarah di Indonesia yang Diakui Dunia. jadi mau memilih tempat yang mana nih, untuk dijadikan sebagai tempat berekreasi sambil belajar kamu? Kita sebagai warga Indonesia harus bangga ya dan menjaga situs-situs bersejarah disekitar kita.

Exit mobile version