Makanan Termahal di Dunia No 2 dari Indonesia!

jamur matsutake

Makanan Termahal di Dunia

Makanan Termahal di Dunia – Manusia tak ada hentinya untuk makan. Dari makanan dengan harga paling murah hingga makanan dengan harga paling mahal, semua masuk perut. Tapi tahu nggak makan termahal di dunia itu apa? Di Indonesia sendiri memiliki makanan yang paling mahal hingga tercatat sebagai makanan termahal di dunia. 

Lantas apa sajakah makanan yang paling mahal itu? Mari simak informasi berikut.

  1. Jamur Matsutake

Jamur type ini adalah jamur langka yang harganya waktu ini berkisar US$600 untuk satu kilogram saja. Jamur Matsutake adalah type jamur yang lumayan populer di Jepang, tetapi jamur ini termasuk biasa tumbuh di daratan lain Asia. Meski demikian, populasi jamur ini mengalami penurunan yang signifikan sebagai dampak dari penyebaran hama di pohon daerah tumbuh jamur ini. Kondisi ini mengakibatkan jamur berikut dapat sulit ditemukan di masa depan.

Jamur Matsutake memiliki manfaat yang banyak jika dikonsumsi dan telah dijadikan sebagai obat tradisional yang terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Masalah-masalah kesehatan tersebut seperti anti mikroba, anti tumor, anti inflamasi, dan anti obesitas yang akan dibahas berikut.

  1. Kopi Luwak

Kopi luwak ini diproduksi oleh sejumlah industri di Indonesia, Filipina, dan di India bagian Selatan. Kopi Luwak adalah type kopi termahal di dunia. Harga kopi ini diperkirakan pada US$250 hingga US$1200 per kilogram. Kopi ini termasuk benar-benar populer sebab sistem olahannya yang unik.

Pada 2013, para peneliti berasal dari Osaka University & Indonesian Coffee plus Cocoa Research Institute bekerja mirip untuk mempelajari perbedaan biologis dan metabolisme pada kopi luwak dan tipe kopi lainnya. Mereka mengambil sampel 21 biji kopi yang berbeda, juga biji Arabika dan Robusta biasa, kopi luwak palsu yang dibikin bersama dengan sistem sintetik, serta campuran biji kopi luwak dan biji kopi biasa yang berbeda.

Apa yang ditemukan para peneliti lumayan luar biasa, mereka menemukan bahwa manfaat kopi luwak jauh melebihi tipe kopi lainnya. Faedah kopi luwak yang juga merupakan kopi termahal di dunia ini datang dikarenakan tiga tipe senyawa yang dihasilkan adalah asam malat, asam sitrat, dan inositol. Itulah yang menjadikannya kopi termahal di dunia.

  1. Steak Wagyu

Steak wagyu dari daging sapi asal Jepang, adalah type daging paling lezat dan paling mahal di dunia. Pada posisi kedua ditempati oleh daging marbling, dengan teksturnya yang creamy. Harga untuk satu kilogram daging ini dapat menggapai US$450.

Wagyu sendiri mulanya adalah sebuah kata dalam Bahasa Jepang, yakni Wa (Jepang) dan Gyu (Daging Sapi). Jadi wagyu aslinya adalah beberapa model sapi Jepang yang secara genetik punya marbling lebih banyak dari sapi lainnya di dunia. Mengapa wagyu begitu spesial? Beberapa persyaratan spesifik menyebabkan wagyu jadi spesial adalah karena dari makanannya spesial berupa rumput segar, biji-bijian seperti jagung/barley, suplemen makanan seperti vitamin dan kalsium. 

Selain itu, Lokasi peternakan kebanyakan di pegunungan bersama dengan panorama alam nan indah. Sapi-sapi ini sering diajak berkeliling untuk menikmati alam, tujuannya menjauhi stress pada sapi. Kemudian sebelum disembelih, sapi-sapi di bawa ke keadaan yang relaks. Hal ini dilakukan supaya otot-otot sapi tidak keras supaya daging jadi lebih lembut. Tak heran harganya setinggi langit.

  1. Caviar Albino White Pearl

Untuk satu kilogram dari caviar ini butuh biaya lebih kurang 8.500 Euro, atau setara dengan US$9.100. Caviar albino ini adalah keliru satu type ikan yang hidupnya di perairan Caspian. Biaya produksi caviar ini pun benar-benar tinggi sebab telur ikan albini sturgeon yang populasinya waktu ini benar-benar langka, dan biasanya udah berusia 100 tahun.

Ikan albino sturgeon merupakan ikan yang jarang sekali bertelur. Selain itu, telur ini sangat banyak mengandung protein sehingga sangat diminati oleh para binaragawan. Itulah yang menjadikannya memiliki harga yang tinnggi.

  1. Saffron

Bumbu dapur sejenis kunyit untuk bahan memasak ini punyai harga lebih kurang US$400 hingga US$1000 per kilogram. Kondisi ini disebabkan karena tanaman ini hanya tumbuh sepanjang 7 hari sepanjang musim gugur dan biasanya dihimpun dengan tangan. Pasalnya untuk meraih 1 kilogram saffron, Anda harus menuai lebih kurang 300.000 bunga dari tanaman ini.

Ada banyak faktor yang mampu memicu sebuah bahan makanan menjadi makanan termahal di dunia. Hal tersebut dikarenakan kelangkaan suplai yang terkandung didalamnya. Selain itu, dilihat pula dari cara mengambilnya seperti memetik, menjaring, dan segala macam proses yang butuh banyak tenaga maupun waktu. 

Demikian ulasan tentang makanan termahal di dunia No 2 dari Indonesia. Bangga juga dengan Indonesia. Indonesia memiliki makanan termahal di dunia. Jadi, makanan termahal di dunia mana yang ingin kamu coba?