1 Kota Terlarang di China yang Pernah Diterobos Mobil

kota terlarang

Kota Terlarang di China Diterobos Mobil

Kota Terlarang di China – Baru pernah terjadi dalam sejarah, kota terlarang di China ada yang menerobos menggunakan mobil. Tepatnya di Forbidden City belakangan menjadi perbincangan warga China lantaran aksi dua turis wanita yang berani-beraninya menerobos masuk menggunakan mobil jeep ke dalam area bersejarah di China itu. 

Dua turis menerobos kota terlarang di China dengan beraninya masuk ke dalam kompleks Forbidden City atau Kota Terlarang dan tak hanya itu, dua turis tersebut melakukan pose di depan mobil SUV. Dengan kejadian tersebut maka sudah dapat dipastikan mereka jelas-jelas telah menerobos masuk bersama kendaraan yang mereka tumpangi.

Sejarah Kota Terlarang

Sebelumnya perlu diketahui, sejarah Forbidden City tersebut adalah dulunya merupakan kediaman keluarga kekaisaran selama dua dinasti terakhir Dinasti Ming dan Qing. Namanya berasal dari kenyataan bahwa entri dilarang untuk orang asing ke dalam istana dan organisasinya seperti sebuah kota kecil. Arsitektur kompleks istana begitu mengesankan, tapi sebagian besar barang-barang berharga seperti lukisan dan porselen dibawa ke Taiwan oleh Chiang Kai-Hek dan ditampilkan di Museum Taipei.

Kota terlarang tersebut berlokasi di utara pusat kota Beijing. Forbidden City memiliki ukuran 960 m panjang dan lebar 750 m. Memiliki dinding dengan ketinggian antara 7 m hingga 10 m dengan terdapat parit yang memiliki lebar 52 m. Kota Terlarang juga dikenal dengan sebutan Old Palace. Namun demikian old palace lebih mengacu pada bagian tengah kota terlarang yang terletak di Gerbang Kedamaian Surgawi (Tiān’ānmén) Dan South Gate (Wǔmén).

Pembangunan kota terlarang diawali sejak 1406 dan terjadi empat belas tahun yang termasuk amat cepat untuk sebuah bangunan dengan ukuran ini. Lebih dari 200.000 pengrajin berpartisipasi didalam pembangunan. Bahan berasal dari semua penjuru kekaisaran: batu dari tempat Beijing, marmer dari Shanghai, kayu dari provinsi Yunnan dan Sichuan dan batu bata dari Shandong. Konstruksi bersekutu dengan teknik moderen yang pas sekaligus menjaga fitur estetika dan simbolis tradisi. Kota terlarang dipecah sebanyak dua kali. Pertama oleh tentara Jepang dan yang kedua oleh Kuomintang, yang melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949. Itulah sejarah kota terlarang yang perlu Anda ketahui.

Kembali pada kota terlarang yang diterobos mobil, untuk menghindar kejadian perihal dua turis yang menerobos kota terlarang di China pada kemudian hari, maka mereka akan secara ketat mengelola dan menghentikan tindakan semacam itu. Forbidden City sendiri merupakan bekas istana kekaisaran yang memiliki bangunan-bangunan di kota terlarang dan telah berusia kurang lebih 600 tahun. Istana ini jadi tempat tinggal dari Dinasti Ming hingga akhir Dinasti Qing, dari tahun 1420 hingga 1912.

Letaknya yang berada di pusat kota Beijing, membuatnya menjadi destinasi populer. Tahun lalu, website warisan dunia UNESCO ini dikunjungi sekitar 19 juta turis. Luas dan jumlah kamar kota terlarang terdiri atas halaman, istana, dan taman. Luasnya meraih 720 ribu meter persegi bersama 800 bangunan yang miliki lebih dari 8.000 ruangan. Ruangan yang jumlahnya banyak itu merupakan daerah tinggal selir Raja yang jumlahnya ribuan.

Bangunan-bangunan di Forbidden City

Selain itu, bangunan-bangunan di Forbidden City terdiri atas daerah pemerintahan raja yang digunakan untuk menerima tamu, resepsi pernikahan, kamar selir, daerah belajar raja, daerah istirahat permaisuri, dan masih banyak lagi. Yang lebih menarik lagi, di sana tersedia area ujian untuk rakyat yang menginginkan join bersama kerajaan. Ujian waktu itu dijalankan sangat ketat, di mana yang mencontek tangannya bakal dipotong. Tes ini disaksikan secara langsung oleh raja dan juaranya menerima gelar Chuang.

Artefak-artefak Forbidden City

Di sekitar Forbidden City, pengunjung bakal disuguhkan dengan pemandangan benda-benda bersejarah. Contohnya benda mirip kompor yang disebut Xiang Lu. Xiang Lu ini digunakan untuk membakar dupa waktu tersedia perayaan. Di sana termasuk tersedia tungku besar yang dulunya berfungsi untuk menampung air untuk memadamkan api waktu berjalan kebakaran.

Walaupun pengunjung wajib berjalan kaki, panorama fantastis tak bakal mengecewakan pengunjung. Selain bangunan istana megah, pengunjung bakal memandang sungai yang bersih dan asri. Di bagian belakang kompleks termasuk ditumbuhi pepohonan yang konon dijaga anak naga supaya pohon tak gampang terbakar.

Artefak-artefak bersejarah di Forbidden City sangat banyak jumlahnya. Semua artefak termasuk barang yang sangat berharga. Artefak-artefak tersebut antara lain batu giok, lukisan, lampu dan furnitur yang jumlahnya sebanyak 1.890. Artefak-artefak tersebut selanjutnya akan dipindahkan ke Aula Budidaya Metal selama masih dilakukan proses perbaikan yang sedang dilakukan.

Demikian informasi mengenai Kota Terlarang di China yang Pernah Diterobos Mobil. Begitu bersejarahnya Forbidden City ini, sehingga perlu adanya penjagaan yang ketat dari aparatur setempat. Jangan sampai tempat bersejarah hancur karena ulah manusia yang tidak menghargai sejarah. 

Exit mobile version