Aurora Borealis: Ekspedisi Menyaksikan Fenomena Alam

aurora borealis

Menyaksikan Fenomena Alam Aurora Borealis

Menyaksikan Fenomena Alam Aurora Borealis – Siapa yang tidak senang jalan-jalan dengan menyaksikan penampakan alam Aurora Borealis yang sangat menawan. Aurora adalah gejala alami di mana cahaya menari dengan sangat indah dalam berbagai warna. Aurora adalah gejala alami yang biasanya terjadi di kutub, baik Kutub Selatan dan Utara. Meski begitu, Aurora sendiri sering terlihat di daerah pegunungan tropis, tetapi jenis Aurora ini sangat jarang kemunculannya.

Untuk pengetahuan, baru-baru ini ditemukan bahwa ternyata Aurora tidak hanya ditemukan di bumi, tetapi pada planet lain juga memiliki fenomena alam ini. Bahkan sangat masuk akal untuk terjadi di Galaxy Bima Sakti. Salah satunya adalah Aurora yang terdeteksi di planet Jupiter. Bahkan Aurora ini 100 kali lebih terang dari yang ada di bumi.

Selain itu, bahkan pada planet asing lainnya diperkirakan mencapai 100 ribu kali lebih terang daripada Aurora yang ada di bumi. Tetapi masalahnya sangat sulit dideteksi karena ada banyak planet di galaksi dan jarak antar planet menjadi penghambat untuk kita dapat melihatnya.

Menyaksikan fenomena alam Aurora Borealis yang tepat dapat dilihat dengan kita berkunjung ke Tromso. Tromso sebuah kota di utara Norwegia dikatakan sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis. Aurora sendiri adalah fenomena alami dalam bentuk balok cahaya berwarna-warni di langit. Aurora Borealis hanya terjadi di daerah sekitar Kutub Utara, yang disebut Aurora Borealis dan Kutub Selatan, yang disebut Aurora Australis.

Untuk dapat berburu Aurora Borealis paling indah, Anda harus tahu yang terbaik ketika Aurora ini muncul. Meskipun Tromso memiliki suhu yang cukup hangat daripada daerah di Kutub Utara lainnya, Anda harus terus menyiapkan pakaian yang cukup tebal. Untuk berburu Aurora cahaya yang indah, Anda harus bersabar. 

Awal dari penampilan Aurora biasanya masih redup maka seiring waktu cahaya menjadi lebih cerah. Biasanya munculnya Aurora tidak sampai 5 menit. Meski begitu pemandangan yang dihasilkan dari cahaya berwarna-warni yang menari di langit sangat menakjubkan. Siapkan kamera terbaik Anda untuk menangkap momen-momen yang indah ini.

Bulan-bulan terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis sendiri adalah pada bulan Desember hingga Maret. Berdasarkan rotasi bumi, waktu penampilan Aurora biasanya mulai pukul 6 sore hingga tengah malam. Namun demikian secara umum, Aurora Borealis muncul sepanjang tahun, kecuali pada bulan April hingga Agustus. 

Selain itu, ada beberapa tips agar dapat menyaksikan Aurora Borealis secara jelas dan menawan adalah sebagai berikut:

  1. Negara Eropa sangat recommended

Pilihlah Negara Eropa sebagai tempat yang pas untuk menikmati keindahan Aurora. Mengapa Eropa menjadi tempat yang paling direkomendasikan? Karena di beberapa negara eropa memiliki situasi gelap dan terang yang berbeda. Di Eropa terdapat suatu waktu dimana seharian tidak ada siang alias tidak pernah mengalami malam dan begitu pula sebaliknya. 

  1. Tentukan bulan yang bagus dan tepat untuk berkunjung ke Eropa

Untuk waktu yang tepat agar dapat menikmati keindahan Aurora di Eropa adalah antara bulan Maret dan April pada saat musim semi. Dan bulan September dan Oktober pada saat musim gugur di Eropa. Terdapat juga bulan-bulan favorit para pengunjung untuk melakukan foto Aurora adalah bulan Januari hingga Maret. Karena pada bulan-bulan tersebut langit Eropa sedang mengalami langit yang paling gelap.

  1. Pemilihan waktu yang baik

Waktu yang baik untuk melihat Aurora adalah saat jam menunjukkan pukul 9 malam sampai dengan jam 2 pagi. Aurora muncul dengan durasi hanya beberapa menit hingga beberapa jam saja. Jadi manfaatkan waktu sebaik mungkin ya.

Selanjutnya yaitu Tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis yaitu di beberapa negara berikut:

  1. Canadian Arktik
  2. North Pole Igloos
  3. Butterfield & Robinson
  4. Hidden Iceland
  5. Yellowknife, Canada
  6. Treehotel, Swedia
  7. Fells Hostel, Finlandia
  8. Arctic Hideaway, Norway
  9. Hotel Ranga, Iceland
  10. Yukon, Kanada
  11. Alberta, Canada
  12. Minnesota, Kanada
  13. Black Rapids, Alaska
  14. Aurora Sky Station, Swedish Lapland

Dan satu lagi tempat yang harus Anda kunjungi adalah Arctic Bath Hotel and Spa, Swedia. Arctic Bath adalah akomodasi baru yang menawarkan penginapan yang mewah, unik, dan tak terlupakan. Properti ini dirancang sebagai resort spa khusus yang terdiri dari enam pondok di darat dan enam pondok terapung di perairan semi-beku Sungai Lule. 

Selain menikmati keindahan Aurora juga kita dapat tempat yang nyaman. Serta bagian pusat bangunan memiliki bentuk melingkar, yang dilengkapi dengan sauna, pemandian air panas dan pemandian es. Para tamu dapat memesan kamar di Arctic Bath dengan harga mulai dari SEK (Swedia Krona) 9600 atau sekitar Rp. 13 juta.

Tertarik untuk Ekspedisi Menyaksikan Fenomena Alam Aurora Borealis? Semoga informasi diatas bisa membantu kalian untuk lebih mengetahui tempat-tempat yang nyaman untuk menyaksikan Aurora Borealis.