Bagi Pemula, Inilah 8 Kelengkapan Wajib Sebelum Berkemah

Kelengkapan Wajib Sebelum Berkemah

Berkemah Bagi Pemula

Bagi Pemula, Inilah Kelengkapan Wajib Sebelum Berkemah – Berkemah bisa menjadi momen yang baik untuk merasakan alam dengan cara yang menyenangkan. Apa yang dimaksud dengan berkemah dan semenyenangkan apakah kesibukan ini? Berkemah yakni kesibukan pergi dan bermalam (lazimnya) di alam terbuka dan liar. Kecuali karena sebuah atensi, pecinta alam biasanya pergi berkemah sebagai aksi pembelajaran untuk bertahan hidup di alam liar. Ketahuilah sebagian manfaat dari berkemah bagi Anda yang belum punya pengalaman di alam liar sebelumnya.

Dampak Positif Pergi Berkemah di Alam Liar

Berkemah tidak cuma sekedar bersenang-senang saja, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Jikalau Anda pernah mendengar sebuah ungkapan bahwa Anda bisa melihat karakter sebenarnya dari seseorang dikala Anda berada di alam liar, karenanya ungkapan itu benar adanya. Mau tahu lebih dalam tentang apa manfaat berkemah? Simak penjelasan di bawah ini!

Belajar pengetahuan dasar bertahan hidup

Pergi berkemah–khususnya bila Anda memilih area yang jauh dari kebisingan pemukiman–akan membawa Anda pada pengalaman yang baru. Tanpa pertolongan dari penghuni lokal, Anda semestinya belajar untuk mencari solusi sendirian bila Anda terpampang dengan suatu kendala. Dalam kondisi ‘terpaksa’, otak umumnya secara otomatis akan terstimulus untuk berpikir lebih tepat sasaran. Itulah sebabnya, ide-inspirasi bisa muncul lebih cerah dalam situasi mendesak. Sebagian model ilmu dasar bertahan hidup yang bisa didapatkan saat pergi berkemah yakni seperti:

  • Mengolah makanan
  • Membuat api untuk menghangatkan diri serta mengolah bahan makanan
  • Memegang jatah pasokan makanan supaya mencukupi selama pergi berkemah
  • Membuat simpul tali supaya mengikat dengan kokoh

Mempertajam insting bertahan hidup

Pergi Berkemah yaitu perihal bertahan hidup yang sebetulnya sebab manusia pada dasarnya terlahir untuk belajar dari alam semesta. Sebelum diperkenalkan pada peradaban modern yang serba gampang, manusia hakekatnya memiliki insting bertahan hidup. Dengan pergi berkemah, apalagi di alam yang benar-benar liar, Anda akan bisa merasakan manfaat di mana insting bertahan hidup lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Insting yang kuat akan menyusun Anda menjadi sosok yang lebih tangguh dan siaga dalam situasi apapun.

Berkemah Berlatih menahan ego

Masih ingat ungkapan yang sempat diceritakan di atas tentang karakter autentik dari seseorang ketika berada di alam liar? Pergi berkemah bersama-sama dengan rekan Anda tak akan sama rasanya dengan dikala Anda pergi untuk sekadar bersua dan berbincang. Menghadapi setiap kemungkinan kendala yang terjadi ketika jauh dari pertolongan serta lingkungan yang serba gampang akan memberikan pengalaman yang berbeda. Bisa jadi, ini menyebabkan tekanan tersendiri bagi Anda maupun rekan Anda tanpa sadar sehingga membuat komunikasi dan karakter Anda berubah. Perubahan yang dimaksud ialah seperti interaksi yang kian dibumbui ketegangan, emosionil yang lebih meledak-ledak, dan ambisi untuk mengedepankan solusi pribadi. Semakin kerap kali Anda pergi berkemah, Anda akan mempunyai lebih banyak pengalaman yang bisa menjadi pelajaran untuk lebih sabar dan menahan ego pribadi. Dari pengalaman pergi berkemah, Anda akan mengerti betapa pentingnya membendung ego pribadi demi kebaikan serta kelancaran bersama.

Semestinya Bawa Peralatan Ini Untuk Pergi Berkemah!

Pergi ke suatu tempat yang bermedan asing seharusnya siap dengan perlengkapan yang memadai dan jika akan diperlukan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi atas situasi yang akan Anda hadapi ketika pergi berkemah. Berikut ini akan disuguhkan alat apa saja yang disiapkan sebelum pergi berkemah, setidaknya segelintir hal terutama yang sepatutnya ada.

Air minum

Pergerakan aktif lahiriah Anda ketika pergi berkemah patut diimbangi dengan konsumsi air yang cukup. Tubuh yang banyak bergerak akan membuat Anda mudah lelah dan pun juga berkeringat. Untuk menggantikan cairan tubuh itu, Anda sepatutnya mengatur frekuensi dan volume air yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu saja, air minum juga seharusnya Anda bawa saat pergi camping sebagai antisipasi sekiranya Anda tak menemukan sumber air yang pantas untuk diminum.

Matras

Matras atau alas seperti tikar akan benar-benar menolong istirahat Anda dikala pergi berkemah di alam liar yang belum tentu mempunyai permukaan tanah rata. Fungsi benda ini adalah sebagai alas tidur yang mengurangi rasa tidak nyaman dikala meringkuk untuk rehat.

Korek api

Benda mungil ini menjadi benar-benar penting ketika hendak pergi camping. Pasalnya, Anda akan memerlukan faktor api setidaknya untuk menghangatkan diri atau memasak bahan makanan yang Anda bawa. Dengan adanya korek api, Anda dapat membuat dan menyalakan api unggun sebagai penghangat sekaligus penerang. Kalau Anda tidak merasa membutuhkan api unggun, setidaknya Anda akan memerlukan korek api untuk menjadi pemantik kompor kemah Anda. Sebagai pelengkap, Anda bisa menerapkan kompor gas portabel umum atau menerapkan parafin sebagai substitusi gas yang awet dan sesuai untuk pergi berkemah.

Tenda Kemah / Ponco (jas hujan)

Tidak bisa diabaikan, dari sekian banyak perlengkapan berkemah yang ada di catatan para penjelajah, kemah pasti masuk ke daftar teratas yang tak boleh dilupakan. Perlu dicatat bahwa alas saja tidak akan cukup memberi kenyamanan pada rehat Anda, tetapi juga atap. Sebagai atap paling biasa bagi orang yang pergi camping, tenda sangatlah layak dan kokoh untuk melindungi Anda dari cuaca, serangga atau makhluk hidup lain, dan hal lain yang dapat mengganggu kesehatan serta kenyamanan Anda.

Sebagai substitusi kemah, pecinta kemah tunggal yang agak ekstrim umumnya mempunyai alternatif lain seperti jas hujan atau yang disebut juga sebagai ponco. Orang-orang seperti ini akan memrentangkan ponconya yang kemudian diikatkan pada pohon di satu sisi. Sisi lainnya akan dibantah oleh ranting, tongkat mendaki, atau benda apa saja yang bisa membuatnya seakan tetap tinggi melindungi komponen atas daerah istirahat. Melainkan, jangan sekali-kali mencobanya sekiranya Anda tidak cukup berpengalaman soal alam dan tenda.

Kantung tidur

Sleeping bag (kantung tidur) akan sungguh-sungguh diperlukan terutamanya untuk Anda yang hendak pergi camping ke daerah dingin. Di tempat hangat sekalipun, Anda dapat memanfaatkan ketebalan kantung ini sebagai tambahan alas tidur agar lebih nyaman. Sedangkan semacam itu, tidak semua orang lazimnya mempunyai kantung tidur karena harganya yang cukup mahal. Tapi, kini, Anda sudah bisa menemukan banyak jasa sewa kantung tidur seperti ini yang mungkin lebih relatif murah untuk Anda. Meski tebal dan besar, pengemasan kantung tidur lazimnya benar-benar ringkas sehingga efektif untuk dibawa pergi berkemah.

Makanan

Sama seperti halnya minuman, manusia juga pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Sebelum mencari ilmu bertahan hidup di alam liar, pastikan Anda memikirkan kelangsungan hidup Anda dari yang paling dasar terutama dulu. Anda bisa membawa makanan instan kalau Anda membawa kelengkapan untuk memasak di tempat tenda Anda. Kalau tak, opsi lainnya adalah dengan membawa makanan jadi seperti biskuit, roti, sosis matang, dan sejenisnya yang bisa langsung Anda nikmati tanpa wajib melalui pengerjaan memasak.

Pencahayaan

Tidak keok penting dengan peralatan lainnya, pencahayaan seperti senter atau lampu portabel bahkan juga harus Anda miliki. Anda tak akan pernah tahu medan dan apa yang ada di sekitar Anda dikala berada di alam terbuka. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan pencahayaan untuk menerangi perjalanan Anda dan memutuskan sekitar Anda aman saat matahari mulai tenggelam.

Obat-obatan pribadi

Mengapa kita harus membawa obat-obatan saat berkemah? Jawabannya sebab kita sendirilah yang mengerti akan kondisi tubuh kita masing-masing. Penting untuk senantiasa mempertimbangkan kesehatan kita dalam kondisi prima saat pergi camping. Kelengkapan satu ini juga lebih penting lagi bila Anda mengidap penyakit tertentu yang bisa kumat sewaktu-waktu seperti asma, alergi, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Exit mobile version