5 Hal Mengenal Candi Borobudur Situs Warisan Budaya Indonesia

candi borobudur

Mengenal Candi Borobudur Situs Warisan Budaya

Mengenal Candi Borobudur – Indonesia memiliki peninggalan situs yang terkenal dan tercatat di UNESCO sebagai situs warisan dunia. Candi Borobudur adalah situs warisan budaya yang memiliki keistimewaan yang luar biasa. Candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia yang berlokasi di kabupaten Magelang. Candi Borobudur tidak pernah sepi dari pengunjung mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan asing pasti ada. Terlebih lagi jika hari libur, pasti sangat ramai oleh para wisatawan.

Supaya lebih kenal maka akan kami paparkan sejarah ditemukan Borobudur secara singkat agar mudah untuk dipahami. Sejarah ditemukan Candi Borobudur dimulai dari:

  1. Candi Borobudur berdiri pada tahun 800 Masehi

Tahun 800 Masehi pasti kamu belum lahir. Namun Borobudur sudah mulai didirikan oleh penganut Buddha Mahayana sekitar 800 tahun di masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah kuil Buddhisme terbesar di dunia dan  merupakan salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Monumen ini terdiri dari enam teras berbentuk persegi dimana ada tiga pengadilan melingkar di dinding yang dihiasi dengan 2.672 relief pada Borobudur. Borobudur memiliki koleksi relief Buddhisme yang paling lengkap dan terbanyak di dunia. Borobudur memiliki Stupa utama terbesarnya yang berada di tengah dan menjadi pusat utama Candi. Stupa dikelilingi oleh tiga baris melingkar 72 stupa berlubang di dalamnya. Patung-patung Buddha duduk bersila di posisi lotus yang sempurna dengan mudra (sikap tangan) dari Mudra Dharmachakra.

  1. Awal ditemukannya Candi Borobudur

Pendirian Borobudur dengan awal ditemukannya memiliki rentang waktu yang sangat lama. Borobudur ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Inggris-Jawa, pada tahun 1814. Nama Bore-Budur yang kemudian ditulis oleh Borobudur, kemungkinan ditulis oleh Raffles dalam tata bahasa Inggris yang merujuk pada desa terdekat dengan desa Bore (Boro). Sebagian besar kuil dinamai berdasarkan desa tempat kuil berdiri. Raffles juga mencurigai bahwa istilah ‘Budur’ mungkin terkait dengan istilah Buda dalam bahasa Jawa yang berarti ‘kuno’.

  1. Candi pernah mengalami kerusakan

Kuil Borobudur rusak oleh gempa bumi berukuran 6.2 pada skala Richter di Jawa Tengah. Insiden Nahas menghasilkan banyak kematian dan kerusakan ringan di Borobudur. Borobudur juga rusak oleh letusan Gunung Merapi pada bulan Oktober dan November 2010. Debu vulkaniknya menutupi kompleks kuil dengan ketebalan 2,5 sentimeter. Kawasan wisata ini ditutup 5-9 November 2010 untuk dilakukan pembersihan Candi dari debu vulkanik.

  1. Artefak Candi Borobudur pernah kemalingan

Artefak yang menjadi sasaran pencuri adalah bagian kepala arca. Banyak kepala ARCA di Borobudur dicuri. Bahkan pemerintah Hindia Timur Belanda memberikan sukarela kepada Raja Thailand, Chulalongkorn pada tahun 1896. Oleh karena itu, artefak arkeologis tersebar di luar negeri. Artefak arkeologis Borobudur disimpan di Tropenmuseum, Amsterdam, British Museum, London, dan Museum Nasional Bangkok, Thailand.

  1. Dijadikan tempat untuk wisata keagamaan

Candi Borobudur merupakan peninggalan Buddha. Kuil Borobudur sekarang digunakan sebagai tur keagamaan bagi umat Buddha. Bahkan, candi ini digunakan sebagai pusat perayaan Waisak setiap tahunnya. Semakin menambah hikmat dengan merayakannya di Borobudur.

Arsitektur Candi Borobudur sendiri terbilang sangat estetik. Candi Borobudur di desain menyerupai bunga lotus baik dalam bentuk Padma (Red Lotus), Utpala (Blue Lotus), atau Kumuda (Putih Lotus) dapat ditemukan di semua ikon seni agama Buddha. Seringkali dipahami oleh Bodhisatwa sebagai Laksana (simbol Regalia), menjadi basis duduk takhta Buddha atau sebagai stupa lapik. Postur Buddhis di Borobudur melambangkan lotus sutra yang sebagian besar ditemui dalam naskah agama Mahayana Buddha. Sesuai dengan kepercayaan dari Wangsa Sailendra pada waktu itu. Tiga pengadilan melingkar di bagian atas Borobudur juga diduga melambangkan kelopak bunga teratai. 

Banyak bukti menunjukkan keberadaan danau kuno di lingkungan sekitar Kuil Borobudur, salah satunya adalah tes pengujian sedimen lumpur yang dilakukan pada tahun 2000. Di kompleks Candi Borobudur itu sendiri ada banyak stupa Buddha. Itu adalah bangunan atau pengaturan batuan yang menyerupai Genta di warisan kuil Buddha, atau biasanya sebuah bangunan suci agama Buddha (tempat untuk menyimpan peninggalan atau hal-hal suci Buddha). Stupa ini terdiri dari tiga bagian, yaitu pangkal berbentuk bulat, bagian tengah disebut Yasti, sedangkan pagar yang mengelilinginya disebut harmika, dan puncak dalam bentuk payung disebut Chatra. 

Hal menarik yang bisa Anda lakukan di Candi Borobudur seperti menikmati sunrise dan sunset, bersepeda di sekitar Candi Borobudur, belajar sejarah dan budaya di Museum Karmawibangga, mengunjungi Candi Pawon dan Candi Mendut, dan bersantai di Balkondes. Sedikit tips berwisata ke Candi borobudur agar liburan kamu semakin menyenangkan adalah dengan gunakan pakaian yang nyaman, sewa pemandu wisata, mematuhi peraturan yang berlaku, jaga lingkungan di sekitar Kompleks Borobudur, dan datang saat sunrise atau sunset.

candi borobudur

Demikian ulasan tentang Mengenal Candi Borobudur Situs Warisan Budaya Indonesia. Kita sebagai warga Indonesia wajib bangga atas penemuan Borobudur. Karena Candi Borobudur telah dinobatkan sebagai keajaiban dunia. Hal tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO. Indonesia sendiri memiliki banyak warisan nenek moyang berupa budaya serta benda-benda kuno yang harus kita jaga.